RSS

Sistem Manajemen Lingkungan

26 Feb

Lama banget dah gak ngetik lagi di halaman ini dan kita sama2 bisa share informasi yang kita punya…..tapi sebentar lagi kita akan berbagi lagi tapi temanya kali ini “SML atau Sistem Manajemen Lingkungan”.

Bicara SML pasti gak lepas dari yang namanya Lingkungan,karna sebagai variabel yang tak tetap karna suatu kondisi yang berubah oleh banyak faktor.contohnya :kegiatan yang dilakukan oleh Manusia sebagai subjek.

Awalnya kita harus tahu apa itu Lingkungan, tapi kebanyakan mungkin sudah tahu kalau Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar Manusia. Komponen dari Lingkungan ini banyak sekali artinya ada banyak faktor yang dapat merubahnya. faktor tersebut antara lain :Tanah, Udara, Air, SDA, Energi, SDMH dan integrasi dari beberapa komponen tersebut.

Sedangkan Manajemen adalah segala aktifitas atau kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengatur, mengendalikan dalam menggunakan SDA dan SDM yang ada untuk mencapai tujuan tertentu

Jadi, Manajemen Lingkungan adalah segala aktifitas atau kegiatan dengan memanfaatkan SDA dan SDM untuk mencapai tujuan tertentu. Kalau dalam versi english nya,Environment Management System is part of an organization’s management system used to develop and implement its environmental policy and manage its environmental aspects.

Menurut ISO 14001,Sistem Manajemen Lingkungan adalah “The part of the overall management system which includes organizational structure planning, activities, responsibilities, practices, procedures, process, and resources for developing, implementing, achieving, reviewing, and maintaining the environmental policy”.

Dalam ISO 14001 yang mengatur tentang SML mewajibkan kita untuk mengidentifikasi banyaknya aspek yang mempengaruhi suatu lingkungan baik di lingkungan internal ataupun di lingkungan eksternal dalam suatu lokasi kegiatan. Aspek / aspect dapat didefinisikan sebagai suatu bagian atau komponen dari kegiatan dalam proses produksi atau kegiatan lainnya yang berinteraksi atau berhubungan dengan lingkungan.Kalau ada aspek pasti ada dampak / Impacts, definisinya adalah segala aktifitas atau kegiatan produksi yang berakibat perubahan terhadap lingkungan baik yang menguntungkan atau merugikan.

Manfaat dari mengidentifikasi aspek yang ada adalah kita dapat memperkirakan apa aja akibat atau dampak yang akan terjadi atau ditimbulkan dari kegiatan di lingkungan kerja sehingga kita dapat mencegah dan menanganinya dengan cepat dan tepat.

Nah,sekarang kita bisa ambil satu contoh kondisi di lingkungan tertentu yaitu Lingkungan Pabrik yang sudah biasa dengan banyaknya kegiatan untuk menghasilkan suatu produk atau barang.

Lingkungan disini kita bagi jadi dua, antara lain lingkungan internal pabrik atau lingkungan eksternal pabrik.

Yang dimaksud Lingkungan Internal yaitu lingkungan yang ada dalam lingkungan pabrik atau di lokasi kegiatan produksi. contohnya: APD (alat pelindung diri), asuransi karyawan, kondisi lingkungan kerja, kbersihan dan kenyamanan karyawan dll.

Bila Lingkungan Eksternal yaitu lingkungan di luar pabrik atau di luar lokasi kegiatan produksi. contohnya : masyarakat sekitar, pemerintah, pembuangan limbah ke luar pabrik, kehidupan ekosistem di luar pabrik dan segala sesuatu yang berakibat rusaknya lingkungan di luar pabrik.

Berikut ini adalah beberapa aspek yang harus diidentifikasi dalam kegiatan produksi :

  1. Emisi Udara
  2. Pengolahan Limbah
  3. Penggunaan Bahan Baku dan SDA
  4. Penggunaan Energi
  5. Isu di Masyarakat sekitar Lokasi
  6. dll

Beberapa Dampak yang ditimbulkan antara lain :

  1. Kebakaran
  2. Tumpahan Limbah di sekitar lokasi
  3. Pencemaran Udara , Air dan Tanah
  4. Kecelakaan Kerja
  5. dll

“NeighborHood Care About The Same As The Save The World”

Semoga selalu bermanfaat bagi yang lain…….Thanx you for your attention And have read this article. see you next time

 

 

 

 
6 Comments

Posted by on February 26, 2012 in ISO 14001

 

6 responses to “Sistem Manajemen Lingkungan

  1. goleksangu

    April 6, 2012 at 12:38 am

    let’s save our environtment !!

     
  2. 24

    April 28, 2012 at 6:53 am

    nee ISO terbru kah saiii??? apakh nantinya ad next review ISO lgiii????

     
  3. heru widakdo

    June 26, 2012 at 12:47 am

    Nice post bung prita, mari galakkan menulis untuk saling berbagi informasi….

     
  4. IKI

    September 2, 2012 at 8:48 am

    Template yg keren..

     
  5. sri purwanti

    April 3, 2013 at 8:52 am

    good posting en always write about enviro…..

     
  6. Management System

    October 5, 2015 at 3:02 am

    mantap infonya boss salam go green

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: