RSS

Hukum Newton

05 Apr

Sir Isaac Newton ( 4 Januari 1643 – 31 Maret 1727 )…….

Sebelumnya akan aku critain dikit tentang tokoh Fisikawan yang satu ini…..

Sir Isaac Newton lahir di Woolsthorpe – Lincolnshire, Inggris pada tanggal 4 januari 1643. Banyak sekali bidang atau ilmu pengetahuan yang Dia dalami, Dia seorang Fisikawan, Matematikawan, Astronom, dan teolog. Dah dikit aja yeee…..Oh iya, Sir Isaac Newton meninggal ketika berumur 84 tahun dan saat itu tepatnya pada tanggal 31 maret 1727.

Mekanika klasik atau mekanika Newton adalah teori tentang gerak yang didasarkan pada konsep massa dan gaya. Semua kejadian dalam mekanika klasik dapat diilustrasikan dengan menggunakan tiga hukum newton tentang gerak. Hukum newton menghubungkan percepatan benda dengan massanya dan gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut.

1. Hukum Newton I

Hukum newton yang pertama disebut juga dengan Hukum Kelembaman atau juga Hukum Inersia…..

Hukum Newton I bunyinya,” Sebuah benda tetap pada keadaan awalnya yang diam atau bergerak dengan kecepatan sama kecuali benda tersebut dipengaruhi oleh gaya eksternal berupa tarikan atau dorongan, bila benda mula-mula bergerak maka benda tersebut akan bergerak dengan kecepatan tetap”.

Kalau dalam persamaan matematisnya ditulis :

ΣF = 0

Pada hukum Newton yang pertama ini juga dijelaskan tentang kerangka acuan atau kerangka inersia, seperti percobaan yang telah dilakukan oleh Galileo.

2. Hukum Newton II

Hukum kedua Newton menjelaskan hubungan antara besaran dinamika gaya dan massa dan besaran kinematika percepatan, kecepatan dan perpindahan.

Hukum kedua Newton berbunyi, ” Percepatan sebuah benda berbanding terbalik dengan massanya dan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut”.

Persamaan Matematisnya dapat ditulis :

m adalah massa benda dan a adalah (vektor) percepatannya. besaran vektor adalah besaran yang mempunyai arah dan besaran. Hukum kedua Newton ini juga masih ada hubungannya dengan Hukum yang pertama, jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda atau ΣF = 0 maka benda akan tetap diam atau benda tersebut akan bergerak dengan kecepatan tetap, jika benda sedang bergerak. Ini adalah bunyi Hukum Newton Pertama.

3. Hukum Newton III

Hukum yang ketiga sering dikatakan Hukum aksi – reaksi.

Hukum ketiga ini menjelaskan salah satu sifat penting dari sebuah gaya, kalau gaya-gaya yang terjadi pada benda selalu berpasangan . jika sebuah gaya bekerja pada sebuah benda A, maka harus ada benda B yang mengerjakan gaya tersebut. bila jika Benda B mengerjakan gaya pada Benda A, maka benda A harus mengerjakan gaya pada benda B yang sama besar dan berlawanan arah. bingung yow…….aku aja yang nulis bingung apalagi yang baca, gini aja tak kasih contoh gaya-gaya yang bekerja saling berpasangan biar bisa dibayangkan.

4. Hukum Gravitasi Newton

Menjelaskan bahwa tiap benda memberikan gaya tarik pada tiap benda lain yang sebanding dengan massa kedua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut.

Persamaan Matematisnya:

 


 
4 Comments

Posted by on April 5, 2011 in physics

 

4 responses to “Hukum Newton

  1. Elsya malinda

    September 11, 2012 at 9:54 am

    Mkasih ya, nlai ‘IPA FISIKA’ q 100..
    Yeee..

     
  2. Nurdini El Munawarah

    October 21, 2012 at 12:10 pm

    terima kasih atas informasinya. Bermanfaat bgt🙂

     
  3. zamzami

    March 4, 2014 at 8:31 pm

    mkzhh bnykk atz informasinya skli g mksh bnykk ya?

     
  4. Hasna Apdwiyah

    April 4, 2014 at 11:11 am

    Bgus tp ada yang kurang ,tentang hukum newton ke 3 . .:-)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: