RSS

Kontrol Motor Stepper

03 Dec

Motor Stepper ( setelah ini aku panggil Si Step) adalah suatu motor yang didalamnya mempunyai dua bagian yaitu stator dan rotor. Statornya berbentuk kumparan dan ada 4 kumparan di dalam stepper dan  rotornya merupakan magnet permanen.

konfigurasi Si Step

namanya aja Si Step pasti pengertiannya ya motor yang berputar dan perputarannya terdiri dari beberapa step ( bukan penyakit lho ya). Perputaran pada Si Step itu dapat diatur atau ditentukan sesuai yang dibutuhkan. Biasanya Si Step ini digunakan untuk menggerakkan lengan robot, roda motor atau kebutuhan mekatronikalainnya. Pergerakan Si Step ini dipengaruhi oleh perpindahan medan magnet pada bagian statornya dan arahnya juga dapat ditentukan misal Si Step ini mau dijalankan searah jarum jam(CW) atau berlawanan arah jarum jam(CCW). Truz……nah,kecepatannya juga bisa ditentukan( ditentukan dari hongkong)……….beneran bisa(pasti gak percaya),caranya……googling aja( ditentuin dari pemberian datanya lewat logic2 gitu dech).

ini ada tabel logika buat Si Step:

tabel logika Si Step

kalau mau half step ya semuanya ditulis dalam program codevisionAVR tapi kalau mau full step ya cuma yang di blok warna merah aja yamg ditulis.paham….??sip……next.

oh iya lupa jelasin. kalau half step itu perubahan langkahnya bisa lebih halus tiap perpindahan gigi – giginya tapi kalau full step ya sebaliknya….nanti dicoba sendiri ya dirumah.

Bahas apalagi ya……oh,iya….

masing – masing karakter Si Step itu beda – beda…..(apane sing beda??)

yang beda itu ada pada tiap langkahnya ( Step-nya),dapat dilihat di body Si Step…..ada yang 0.9 derajat dan 1.8 derajat selebihnya belum pernah lihat.

Sebagai contoh, jika rotor memiliki 50 gigi dan stator memiliki 8 kutub dengan 5 gigi masing-masing (total 40 gigi), Si Step ini dapat bergerak 200 langkah yang berbeda untuk membuat satu putaran penuh. Ini berarti bahwa poros motor akan berubah 1,8 °. carane ngitung,satu putaran penuh itu 360° kan? lha dibagi sama 1,8 ° dan survey membuktikkan…….200 langkah.bener kan!?

Sekarang….ayo cari tau gimana caranya interface lewat mikrokontroler!!

yang disiapkan standard yo….mikrokontroler sama downloadernya trus catudaya dan kabel jumper. jangan lupa buat driver Si Step! Bisa pakai IC atau transistor. kalau IC bisa pakai L293D atau ULN2003, kalau pakai transistor bisa pakai Darlington atau TIP.

langsung aja deh aku kasih source code nya….ini dibuat lewat codevisionAVR.

#include <mega16.h>
#include <delay.h>

void main(void)
{
PORTA=0x00;
DDRA=0xFF;
while (1)
{
PORTA=0x01;
delay_ms(500);
//PORTA=0x03;
//delay_ms(500);
PORTA=0x02;
delay_ms(500);
//PORTA=0x06;
//delay_ms(500);
PORTA=0x04;
delay_ms(500);
//PORTA=0x12;
//delay_ms(500);
PORTA=0x08;
delay_ms(500);
//PORTA=0x09;
//delay_ms(500);
};
}
yang ada ( // ) untuk yang half step nanti tinggal hapus aja ( // ) . wah sayangnya gak ada gambarnya,nanti deh kalau sempat aku tambahkan.

dari tadi ngomong banyak tapi belum tau ya fotonya Si Step…ini aku kasih fotonya.

semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan……

 

 
Leave a comment

Posted by on December 3, 2010 in instrument

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: