RSS

Prinsip Sensor Ultrasonik

22 Jul

Sensor ultrasonik adalah sensor yang bekerja berdasarkan prinsip pantulan gelombang suara dan digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tertentu di depannya, frekuensi kerjanya pada daerah diatas gelombang suara dari 40 KHz hingga 400 KHz.

Prinsip kerja Sensor Ultrasonik

Sensor ultrasonik terdiri dari dari dua unit, yaitu unit pemancar dan unit penerima. Struktur unit pemancar dan penerima sangatlah sederhana, sebuah kristal piezoelectric dihubungkan dengan mekanik jangkar dan hanya dihubungkan dengan diafragma penggetar. Tegangan bolak-balik yang memiliki frekuensi kerja 40 KHz – 400 KHz diberikan pada plat logam. Struktur atom dari kristal piezoelectric akan berkontraksi (mengikat), mengembang atau menyusut terhadap polaritas tegangan yang diberikan, dan ini disebut dengan efek piezoelectric. Kontraksi yang terjadi diteruskan ke diafragma penggetar sehingga terjadi gelombang ultrasonik yang dipancarkan ke udara (tempat sekitarnya), dan pantulan gelombang ultrasonik akan terjadi bila ada objek tertentu, dan pantulan gelombang ultrasonik akan diterima kembali oleh oleh unit sensor penerima. Selanjutnya unit sensor penerima akan menyebabkan diafragma penggetar akan bergetar dan efek piezoelectric menghasilkan sebuah tegangan bolak-balik dengan frekuensi yang sama.

Besar amplitudo sinyal elekrik yang dihasilkan unit sensor penerima tergantung dari jauh dekatnya objek yang dideteksi serta kualitas dari sensor pemancar dan sensor penerima. Proses sensing yuang dilakukan pada sensor ini menggunakan metode pantulan untuk menghitung jarak antara sensor dengan obyek sasaran. Jarak antara sensor tersebut dihitung dengan cara mengalikan setengah waktu yang digunakan oleh sinyal ultrasonik dalam perjalanannya dari rangkaian Tx sampai diterima oleh rangkaian Rx, dengan kecepatan rambat dari sinyal ultrasonik tersebut pada media rambat yang digunakannya, yaitu udara.

Waktu di hitung ketika pemancar aktif dan sampai ada input dari rangkaian penerima dan bila pada melebihi batas waktu tertentu rangkaian penerima tidak ada sinyal input maka dianggap tidak ada halangan didepannya

ultrasonik

 
8 Comments

Posted by on July 22, 2009 in 1

 

8 responses to “Prinsip Sensor Ultrasonik

  1. wong goblok pol

    September 21, 2009 at 11:04 pm

    waduh mas.. itu sensornya bisa dipakai buat ngukur jarak ya??
    wah bisa dicopy buat referensi tugas sekolah ini, hehe.. oiya mas.. kalo misalnya objeknya benda yang bisa menyerap pancaran ultra sonic sendiri gimana ya? apa masih bisa digunakan itu? misalkan itu bendanya dari bahan gabus, tapi gabus yang basah.. bukan gabus yang kering lho thanks ya atas penjelasannya

     
  2. priyahitajuniarfan

    October 10, 2009 at 10:58 pm

    iya mas….
    klo sensor ultrasonik untuk uji bahan itu ada sendiri tipe nya,seperti yg digunakan ITS untuk uji konstruksi suramadu kemarin.
    ini yang saya bahas cuma ultrasonik yg bwt main2 aja,biar g kuno ma teknologi sensor.
    makasih ne mas dah mo maen2 d blog saya…….
    klo ad info lain ttg ulrasonik bisa d share info nya y……

     
  3. taufik

    December 22, 2009 at 2:55 am

    mas mau tanya,klo sensor ini dipakek buat ngukur level debu bisa gak? kira2 suaranya mantul gak mas? mkasih sebelumnya..

     
  4. priyahitajuniarfan

    January 15, 2010 at 5:11 am

    aku blm pernah nyoba sih klo pke objek debu…….
    klo pke objek yg gedean kyak kayu, tembok dah pernah.
    kira2 debu nya tuh dijatuhkan dr atas ato di taruh di wadah trus di ukur level ktinggian nya???
    debu tu kan trdiri dr serbuk2 kecil,kira2 bs gak ya……..
    mnrut q bs deh kyak na…..coba aj.

     
  5. Ari Pastrana de Milanisti

    June 2, 2014 at 9:36 pm

    kalau dibuat ngukur ketinggian air bisa gak bang?

     
  6. fredy

    December 28, 2014 at 7:43 pm

    mau tanya mas, sensor ultrasonic ini bisa mendeteksi adanya pot bunga di depanya?

     
  7. NoN@mE

    December 29, 2014 at 4:41 pm

    Bisa Bang, kebetulan dah ane coba di Tugas Akhir ane…..

     
  8. NoN@mE

    December 29, 2014 at 4:43 pm

    bisa mas…..mendeteksi benda yang ada didepannya,kalau mau di kategorikan benda apa yang ada didepannya ya jelas gak bisa.hehehhehehee

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: