RSS

Manfaat Dari Bangku Perkuliahan

22 Jul

Diambil dari salah satu isi buku yang menurut isi dari buku ini sangat perlu untuk dibaca semua mahasiswa, mungkin ada dari kalian yang belum sempat membaca buku ini. judul buku ini adalah “Dapat Apa Sih Dari Universitas?” Oleh Mas Romi Satria Wahono yang juga pendiri “Ilmukomputer.com”.

Manfaat dari kita mengikuti perkuliahan selama 4-5 tahun ini antara lain:

  1. Knowledge (pengetahuan)

Manfaat pertama adalah dengan kita kuliah kita bisa menambah pengetahuan kita,banyak sekali pengetahuan yang kita peroleh dari kita mengikuti perkuliahan. untuk contoh dalam bidang teknik yang dulunya kita hanya belajar tentang bagaimana menjumlahkan angka dengan operator sederhana hingga saat ini dapat digunkan sigma atau integral untuk menghitung beberapa fungsi matematika dari yang sederhana hingga agak rumit. dalam bidang Instrumentasi pun juga sama yang dulunya ketika kita masih SMA hanya meninjau listrik sebagai sebuah energi yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya maka dengan kita mengikuti perkuliahan maka kita mendapatkan pengetahuan lebih banyak dalam bagaimana meninjau listrik ini dan kita dapat tahu bagaimana meninjau Si listrik ini dengan cara mikroskopis atau secara makroskopis. mungkin kadang saat ini kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran di perkuliahan belum bisa membagi secara proporsional antara knowledge atau memberikan informasi  dengan bagaimana secara praktek dapat mengimplementasikan knowledge tersebut agar dapat menambah pemahaman akan tujuan pembelajaran dalam memanfaatkan sarana atau prasarana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di Negeri Indonesia. karena semakin majunya jaman maka pengetahuan tersebut akan berkembang atau berbanding lurus antara pengetahuan dengan waktu.

  1. Skill (Keterampilan)

Bagaimana kita dapat meningkatkan skill atau keterampilan ketika kita menjalani masa perkuliahan??

Ternyata selain perkuliahan secara formil di dalam ruangan yang tenang maka didalam kurikulum perkuliahan kita diberi waktu diluar waktu perkuliahan formil yaitu dengan memberikan tugas, project atau diskusi. semua itu diberikan untuk meningkatkan kemampuan kita atau upgrade skill karena dengan cara itu kita dapat meningkatkan skill kita dengan mengerjakan tugas atau diskusi tersebut dengan cara kita sendiri atau meminta bantuan ke teman kita untuk bertanya tentang caranya. seperti apa yang dikatakan salah satu teman kuliah,” kalau tidak dicoba mana bisa kita tahu dan sampai kapan pun kita tidak akan tahu dimana letak kesalahan itu”…kata – kata itu hanya akan keluar dari hati para “d’master” yang sudah sering berlatih untuk meningkatkan kemampuan nya dibidang yang mereka sukai. jadi ayolah berusaha untuk meningkatkan skill atau keterampilan kita dalam bidang kita masing – masing dan cobalah belajar dari apa yang orang lain lakukan untuk meningkatkan keterampilan kita dan mendapatkan apa yang jadi tujuan kita.

  1. Technique (teknik)

Dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan belum tentu kita bisa mengerjakan sesuatu dengan baik dan kita memerlukan teknik yang bagus untuk membuat itu semua sebaik mungkin. dengan teknik yang bagus atau cara pengerjaan yang tepat maka kita dapat mengerjakan tugas dan project dengan hasil yang bagus juga. dengan sering kita mengerjakan atau sering latian untuk mengasah teknik kita maka lama – kelamaan kita akan bisa menyempurnakan teknik kita sehingga tanpa kesusahan bisa mengerjakan semuanya dengan baik. sebenarnya banyak sekali teknik yang ada dan kita tidak harus menggunakan semua teknik itu untuk menyelesaikan tugas atau project kita, kita hanya menggunakan teknik yang sesuai dengan kemampuan kita dan kita paham bagaimana menggunakan teknik itu. diperkuliahan kita akan diberi banyak teknik untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah atau tugas yang diperoleh dari perkuliahan  dan dengan cara seperti itu kita sebagai mahasiswa akan memperoleh banyak ilmu pengetahuan  serta masalah atau problem yang ada dan cara – cara untuk menyelesaikannya.

  1. Attitude (sikap)

Diperkuliahan kita tidak akan mendapatkan mata kuliah untuk attitude tapi dalam pengembangannya kita bisa diarahkan dalam perkuliahan seperti kita bagaimana seharusnya menyikapi kemajuan jaman atau bagaimana kita bersikap ketika kita mempresentasikan sesuatu ke dosen atau teman – teman kita saat mempresentasikan hasil tugas atau diskusi atau hasil data dari praktikum yang sudah dilakukan. sikap yang baik akan juga mendapatkan hasil yang baik dalam penilaian yang akan didapatkan dan sikap kita lah yang akan menentukan hasilnya.di perkuliahan  kita hanya diajari untuk punya pengetahuan, teknik dan ketrampilan tanpa harus memberi ilmu tentang bagaimana cara kita bersikap,kata mas Romi, kalau seperti itu sama aja mendidik orang buat pinter tapi sesat di jalan.

  1. Experience (pengalaman)

Pengalaman ini bisa diartikan seberapa seringnya kita menggunakan teknik atau menghadapi masalah dan sering juga kita untuk menyelesaikannya,karna dengan sering kita memecahkan permasalahan maka kita terlatih untuk menyelesaikan masalah dan memilih teknik yang tepat untuk mengerjakannya. untuk contoh, kalau kita dapat tugas misal pada kuliah  Quantum yang mungkin sangat susah sekali untuk sebagian orang banyak dan mungkin juga sangat mudah untuk sebagian kecil orang karena mereka yang mudah mengerjakannya sering sekali melatih dirinya untuk menyelesaikan soal – soal dalam buku Quantum dan contoh lain adalah untuk bahasa pemrogaman antara lain Delphi atau juga codevision AVR,teman saya sangat senang bermain dengan itu semua dan sering kali membantu teman – teman nya untuk menyelesaikan bila ada permasalahan dengan itu semua dan mereka dengan sangat cepat bisa mengerjakannya karna mereka hampir setiap malam melatih teknik mereka menggunakan bahasa itu jadi bila suatu saat mereka menemukan masalah atau kendala dalam mengerjakan suatu tugas maka mereka bisa dengan cepat menemukan solusinya dan dapat menyelesaikannya dengan cara yang tepat.

Itu semua adalah point – point yang bisa kita kembangkan sebagai manfaat yang kita peroleh di dalam perkuliahan, maka selama kita masih ada kesempatan untuk memperoleh pendidikan maka gunakan lah sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaat sebanyak banyaknya dari oerkuliahan dan manfaatkan sarana dan prasarana yang diberikan  oleh orang tua kita atau kampus.

Dalam tulisan ini tidak semuanya sama dengan tulisan dari buku Mas Romi tapi kita semua punya hak untuk menilai sesuatu dengan cara berbeda dan dengan teknik yang berbeda karna semuanya bersifat Relative dan sesuai dengan apa yang dikatakan Mr.Einstein. tapi satu manfaat yang bisa diperoleh bahwa semua ini adalah cara bagaimana kita memberi motivasi atau sebagai motivator untuk orang lain.

 
Leave a comment

Posted by on July 22, 2009 in lifestyle

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: