RSS

Komunikasi I2C

17 May

Sistem jalur data I2C adalah suatu standar protocol sitem komunikasi data serial yang dikembangkan oleh Philips dan cukup popular karena penggunaannya cukup mudah. Pada komunikasi I2C data dikirimkan secara serial melalui sebuah jalur data dua buah arah I2C. karena menggunakan jalur data I2C, maka hanya memerlukan dua buah pin saja untuk berkomunikasi, yaitu pin untuk data dan pin untuk sinyal clock.

Pada dasarnya, system I2C terbagi atas dua bagian, yaitu suatu device yang bertindak sebagai pengontrol atau master dan suatu device yang dikontrol atau slave. Master dan slave saling berkomunikasi melalui jalur data bus I2C. alat yang mengendalikan komunikasi disebut master dan alat yang dikendalikan oleh master disebut slave.

Pada satu jalur data I2C yang sama, dapat terdapat slave lebih dari satu. Oleh karena itu, I2CBus harus dikendalikan master yang dapat membangkitkan serial clock (SCL), mengontrol system komunikasi data (SDA), dan dapat menghasilkan kondisi-kondisi “START” dan “STOP”.

Terdapat beberap macam jenis kondisi pada jalur data I2C, jenis kondisi tersebut antara lain :

1. Bus not busy : jalur data (SDA) dan Clock (SCL) berlogika high.

2. Start data transfer : suatu perubahan kondisi pada jalur data, dari logka low ke logika high. Ketika jalur data sedang berlogika high, menndakan kondisi START.

3. Stop data transfer : suatu perubahan kondisi pada jalur data, dari logika low ke logika high. Ketika jalur data sedang berlogika high, menandakan kondisi STOP.

4. Data valid : suatu kondisi ketika jalur data menandakan data valid, yaitu ketika setelah kondisi START, jalur data tetap stabil selama periode high sinyal clock. Data pada jalur data harus berubah selama periode LOW dari sinyal clock. Terdapat satu pulsa clock untuk setiap bit data. Setiap proses pengiriman data dimulai dengan kondisi START dan diakhiri dengan kondisi STOP. Banyaknya jumlah byte data yang ditransfer diantara kondisi START dan STOP tersebut tidak terbatas, dan diatur oleh master.

5. Acknowledge : setiap device yang dituju bila telah menerima data dengan benar, akan membangkitkan kondisi acknowledge setiap menerima byte data. Device yang membangkitkan acknowledge harus membangkitkan logika low pada jalur data selama sebuah pulsa clock. Untuk mengakhiri suatu proses pengiriman data, master harus memberikan suatu tanda dengan tidak memberikan tanda acknowledge, melainkan memberikan tanda STOP pada slave. kesimpulan nya adalah komunikasi I2C dapat memenuhi target desain elektronika saat ini, dengan karakter hardware dan master atau slave protocol yang sederhana tetapi tangguh. jika digunkan device yang telah dilengkapi dengan kemampuan I2C secara built-in, akan sangat mudah untuk melaksanakan komunikasi baik single master maupun multi master, tetapi bagi device yang tidak, masih dapat mengemulasikan I2C protocol pada pin-pin I/O-nya asalkan memenuhi syarat karakter hardware dengan cukup mudah untuk  single master tapi sedikit rumit untuk multi master.

 
4 Comments

Posted by on May 17, 2009 in instrument

 

4 responses to “Komunikasi I2C

  1. Joko Priyanto

    March 27, 2010 at 4:30 pm

    mas mau tanya komunikasi i2c paling jauh bisa berapa meter?
    terimakasih

     
  2. priyahitajuniarfan

    March 30, 2010 at 3:36 pm

    @ mas joko priyanto….
    salam kenal mas….
    komunikasi i2c paling efektif bisa digunakan pada jarak kurang lebih 1 feet atau kalau dirubah ke meter sekitar 0.3 m.
    info lebih lengkapnya untuk spesifikasi komunikasi i2c bisa dilihat di web philips.

     
  3. Aziz

    February 27, 2011 at 7:12 pm

    Alhamdulillah mas ketemu juga artikel I2C, Thanks For Share ini buat tugas ane mas

     
  4. mammoth

    March 10, 2011 at 8:37 pm

    ok
    sama2….
    semoga bermanfaat.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: